[cmsms_row][cmsms_column data_width=”1/1″][cmsms_heading type=”h1″ font_weight=”400″ font_style=”normal” text_align=”default” target=”self” margin_top=”0″ margin_bottom=”20″ animation_delay=”0″]Manfaat Koenzim Q10 (CoQ1), Si Suplemen Ramah Jantung[/cmsms_heading][cmsms_text]

Manfaat Koenzim Q10 (CoQ1), Si Suplemen Ramah Jantung

Berdasarkan penelitian lain, yang dilakukan pada tahun 2011 pada 117 pasien pengidap jantung juga berhasil mengungkapkan bahwa terdapat hubungan antara kadar koenzim Q10 dalam tubuh dengan kecepatan penyembuhan pasien setelah diberikan tindakan medis. Namun, adakah manfaat koenzim Q10 yang lain? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu koenzim Q10 (CoQ10)?

Koenzim Q10 adalah antioksidan yang terdapat pada hampir tiap sel pada tubuh manusia. Koenzim ini menyerupai vitamin. Ia dibutuhkan dalam pengembangan sel manusia, karena menghasilkan energi yang tubuh Anda butuhkan dalam pertumbuhan dan pemeliharaan sel. Substansi ini juga diketahui dapat melindungi tubuh Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul yang berbahaya bagi tubuh dan membantu enzim dalam tubuh untuk mencerna makanan.

Kandungan koenzim Q10 dalam tubuh manusia

Tubuh manusia menghasilkan koenzim Q10 secara alami hanya dalam takaran secukupnya agar tubuh tidak mengalami kekurangan koenzim ini. Perlu diketahui bahwa kandungan koenzim ini mungkin akan menurun seiring bertambahnya usia dan pada pengidap kankerdiabetespenyakit jantungHIV dan penyakit parkinson. Koenzim ini biasanya terkandung dalam makanan di sekitar kita dalam takaran yang kecil. Anda dapat meningkatkan kandungannya dalam tubuh Anda dengan mengonsumsi suplemen CoQ10. Namun National Institutes of Health of US tidak menyarankan untuk suplemen ini dikonsumsi oleh anak-anak, ibu hamil dan ibu menyusui.

Manfaat koenzim Q10 bagi tubuh

Selain sahabat jantung, koenzim ini juga ternyata memiliki beberapa manfaat lain antara lain:

1. Mengurangi nyeri otot

Suatu penelitian pada tahun 2010 mengungkapkan bahwa koenzim Q10 membantu menghilangkan nyeri pada otot saat dikombinasikan dengan konsumsi obat penurun kolesterol (statin).

2. Meningkatkan kualitas sperma

Penelitian pada tahun 2010 mengungkapkan bahwa koenzim Q10 membantu meningkatkan kualitas sperma pada pria yang tidak subur.

3. Mencegah kanker

Penelitian yang dilakukan pada 2010 dan 2011 mengungkapkan bahwa para perempuan yang mengidap kanker payudara memiliki kandungan koenzim Q10 yang lebih sedikit dalam tubuhnya dibandingkan dengan perempuan yang sehat

Efek samping suplemen koenzim Q10

Meskipun begitu, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa mengkonsumsi suplemen koenzim Q10 dapat memberikan efek samping yaitu antara lain nyeri perut dan menurunkan tekanan gula darah, sehingga pengidap diabetes disarankan untuk lebih dulu berkonsultasi dengan dokter sebelum berencana mengkonsumsi suplemen koenzim Q10 ini. Selain itu, masih terdapat beberapa manfaat koenzim Q10 yang membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Reff : https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-koenzim-q10/

[/cmsms_text][/cmsms_column][/cmsms_row]

Leave a Reply

Your email address will not be published.